Sistem Informasi Psikologi
Proposal Pembuatan Aplikasi Tes Minat dan Bakat
(RMIB)
(Rothwell Miller Interest Blank)
Disusun Oleh :
Nama :
Krismonica
NPM :
13516935
Kelas : 4PA11
UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS PSIKOLOGI
Depok
2020
A. Latar Belakang
Pada umumnya, setelah lulus dari sekolah menengah
atas (SMA), kita akan melanjutkan jenjang pendidikan ke tingkat yang lebih
tinggi, kemungkinan besar kita akan terjun ke dunia perkuliahan, dalam dunia
perkuliahan kita di hadapkan dengan berbagai pilihan jurusan yang akan di
jalani selama masa perkuliahan, dari pilihan-pilihan yang ada, kita akan di
tuntut untuk membuat keputusan di mana kita harus memilih jurusan mana yang
akan kita ambil untuk melanjutkan pendidikan kita. Dalam pembuatan keputusan
ini, seringkali di pengaruhi oleh faktor-faktor di luar diri sendiri, seperti
tuntutan orang tua atau perilaku konformitas, hal
tersebut membuat kita terpaksa menjalani perkuliahan tanpa sempat mencerna
terlebih dahulu dan memahami bidang yang akan dipelajari, sehingga kita sulit
untuk mengembangkan minat atau bakat
yang sesungguhnya dimiliki, sebagai akibat dari pengambilan keputusan yang
tidak mengutamakan pada minat yang dimiliki melainkan berdasarkan faktor-faktor
yang berasal dari luar diri. Pengembangan minat dan bakat bertujuan untuk kita
agar suatu hari dapat bekerja di bidang yang di minatinya serta sesuai dengan
bakat dan kemampuan yang dimilikinya sehingga
dapat dikembangkan kapabilitas untuk belajar serta bekerja secara optimal
dengan penuh antusias.
Menurut Winkel (1999:30) minat merupakan
kecenderungan yang menetap dalam diri subjek untuk merasa tertarik pada bidang
tertentu dan merasa senang berkecimpung dalam itu. Martinson (1974) menyebutkan
bahwa anak-anak berbakat dan berbakat di identifikasi sebagai individu yang
berkualitas, mampu berkinerja tinggi. Pada kesempatan kali ini, saya ingin
membuat sebuah aplikasi mobile bertema alat tes psikologi yang dapat mengukur minat
dan bakat seseorang, dalam aplikasi yang akan saya buat, alat tes psikologi
yang akan saya gunakan adalah RMIB (Rothwell
Miller Interest Blank) dimana RMIB (Rothwell
Miller Interest Blank) merupakan
tes yang di buat pertama kali oleh Rothwell pada tahun 1947 dengan 9 jenis
kategori pekerjaan, lalu di kembangkan oleh Kenneth Miller menjadi 12 kategori
pada tahun 1950an. Kategorinya antara lain Outdoor
(OUT), Mechanical (ME), Computational (COMP), Scientific (SCL), Personal Contact (PERS),
Aestheic (AESTH), Literary (LIT), Musical (MUS), Social Service (SOS),
Clerical (CLER), Practical (PRAC), dan Medical (MED). Tujuan tes ini adalah untuk mengukur minat seseorang berdasarkan sikap seseorang terhadap suatu
pekerjaan. Dalam tes ini, setiap kelompok memiliki 12 jenis pekerjaan yang
mewakili kategori pekerjaan yang relatif homogen, kemudian subjek diminta untuk
membuat peringkat dari setiap kelompok daftar pekerjaan berdasarkan yang paling
diminati (nomor 1) sampai yang paling tidak diminati (nomor 12) setelah selesai
subjek diminta untuk menulis tiga jenis pekerjaan secara urutan yang paling
disukai (tidak tergantung pada jenis pekerjaan yang terdapat dalam daftar pada
formulir).
Alasan saya memilih tes RMIB (Rothwell
Miller Interest Blank) sebagai alat tes
psikologi yang saya gunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah agar dengan
aplikasi yang saya buat, pengguna dapat mengambil tes lalu setelah memperoleh
hasil dari tes ini pengguna dapat mengetahui minat dan bakat yang dimilikinya
sehingga dapat di gunakan untuk membuat keputusan dalam bidang pemilihan
jurusan perkuliahan atau pun pekerjaan.
B. Flowchart
Berikut ini adalah flowchart yang menjelaskan jalannya aplikasi :
C. Design Interface
- Berikut adalah tampilan awal loading ketika aplikasi dibuka :
- Kemudian berikut adalah tampilan halaman utama aplikasi yang akan saya buat :
- Setelah muncul halaman utama, pengguna bisa klik tombol mulai untuk memulai tes
- Setelah meng-klik tombol mulai akan muncul kolom identitas yang harus di isi, berikut tampilannya :
- Setelah memasukan identitas, pengguna bisa klik tombol "berikut" sehingga akan menampilkan instruksi tes yang akan di ambil, tampilannya adalah sebagai berikut :
- Setelah membaca instruksi, pengguna dapat memilih antara kembali dan mulai tes, jika pengguna memilih kembali, maka tampilan aplikasi akan kembali ke halaman utama, tetapi jika pengguna memilih mulai tes, maka aplikasi akan memulai tesnya sehingga tampilannya akan menjadi sebagai berikut :
- Pengguna diminta untuk mengurutkan pekerjaan-pekerjaan yang mereka paling inginkan (nomor 1) hingga yang paling tidak di inginkan (nomor 12), dari kategori A hingga kategori I. Untuk yang berjenis kelamin laki-laki di minta untuk melihat kolom sebelah kiri, dan unutk yang berjenis kelamin perempuan diminta untuk melihat kolom sbelah kanan.
- Jika sudah selesai, maka aplikasi akan memproses hasil tes yang telah di ambil oleh pengguna dengan tampilan sebagai berikut :
- Setelah itu, aplikasi akan menampilkan hasil dari tes yang telah di proses, berikut adalah tampilannya :
- Setelah menampilkan hasil tes, pengguna bisa menekan tombol "berikutnya" sehingga akan muncul tampilan sebagai berikut :
- Jika pengguna memilih untuk menyimpan hasil, maka akan di arahkan ke tampilan proses penyimpanan hasil seperti sebagai berikut :
Demikian proposal perancangan aplikasi alat tes psikologi yang telah saya buat.
D. Sumber
Winkel, W.S. 1999. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia
Pustaka Utama.
Wasidi, Mardapi, D. (2016). Pengembangan Instrumen Bakat Keguruan. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 20 (1), 98-110












Tidak ada komentar: